Minggu, 19 Februari 2012

TAMPAK & PERSPEKTIF 3D

Untuk mengunduh file PDF klik disini
Setelah posting kemarin, saya membahas tentang perencanaan layout ruang pada hunian type 36 m2 dengan luas tanah 72 m2.
Maka untuk posting kali ini saya akan membahas tentang tampak 2 Dimensinya.


Menurut devinisinya tampak adalah sebuah wujud bangunan 2 dimensi yang terlihat dari luar bangunan, maupun dari depan atau dari samping secara 2 dimensi.
Dimana sebuah denah dan tampak adalah suatu hal yang tidak dapat di pisahkan.
Pada dasarnya sobat bloger, denah ruang hunian itu pun sendiri sangat mempengaruhi tampak sebuah bangunan. Kesinambungan antara denah dan tampak akan menghasilkan sebuah bangunan yang proporsi, gaya | model dan juga jenis material yang akan di gunakan.




Tidak dipungkiri, bahwa di era yang serba modern saat ini telah banyak pengembang bahkan perseorangan menggunakan trend mondel rumah minimalis. Mungkin juga sobat bloger salah satunya.
Sebagai contoh gambar fasad 2D type 36/72 m2 di samping ini. Menurut saya, bentuk fasad rumah ini mendominasi model minimalis tropis. Dimana model atap masih menggunakan pelana dengan sudut kemiringan 30 derajat yang disesuaikan dengan kondisi iklim daerah sekitar. Bahan penutup atap itu sendiri menggunakan getneng flat dari beton.


Sisi atas sebelah kanan tampak menggunakan platleuvel | canopy dari bahan beton dengan ketebalan 15cm panjang 80/30cm, sebagai pelindung bovenlist dari tampias air hujan secara langsung.dan juga mengurangi datangnya sinar matahari secara langsung ke dalam ruang tamu.
Penebalan bata pada area depan kamar tidur menggunakan finishing kemprot warna kuning tua, dipadukan dengan alur router | tali air secara horizontal dan acak.
Plat leuvel bawah berfungsi sama halnya dengan plat leuvel atas, namun terlihat menerus dan menyatu dengan dinding sisi sebelah kanan. Penggunaan pilar di area teras selain memberikan kesan vertikal pada tampak, juga berfungis sebagai penahan canopy | plat leuvel.
Bentuk plat leuvel | canopy pada area teras agak menojol mengikuti pidang teras, untuk menunjukan entrance | pintu utama pada bangunan. 

 Untuk mengunduh file JPG klik disini

( untuk sharing dan memberikan masukan, anda bisa mengomentari posting ini atau kirim email ke ngebel@gmail.com. File PDF ini saya berikan secara gratis dan saya dedikasikan untuk sobat bloger dan netter.)

“Semoga bermanfaat dan salam hangat”
























2 komentar:

  1. Yang seperti ini memang harus dibagi ilmunya. biar bermanfaat ^_^. Never stop learning, keep sharing my, bro.

    BalasHapus
    Balasan
    1. thank you teacher, I have learned a more from you..
      "salam hangat"

      Hapus